Klaim Relawan Anies Didukung 87 Ribu Desa Jadi Tertawaan Netizen, Mark Up-nya Kebangetan

Deklarasi Anies for Presiden 2024 di Kawasan Buperta, Depok, Jawa Barat.

GRAHANEWS.COM, Jakarta – Baru-baru ini, sekelompok massa yang mengatasnamakan diri sebagai Barisan Nasional Koalisi Anies Bersatu (BNKAB) dan Badan Komunikasi Nasional Desa Se-Indonesia (BKNDI) menggelar deklarasi dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024 di Cut Nyak Dien Ballroom, Kawasan Buperta, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, deklarator mengklaim dapat dukungan dari 87 ribu desa di seluruh Indonesia.

“Barisan Anies ini merupakan satu kekuatan di mana kita sebagai relawan ingin mengantarkan Pak Anies menuju pencalonan atau menuju Presiden 2024-2029. Relawan BKNDI dari Sabang sampai Merauke dan berjumlah 87 ribu desa di Indonesia itu adalah sumber relawan kita yang tergabung dalam BKNDI, dan tentu BKNDI menjadi relawan yang Badan Koalisi Anies Bersatu,”¬†klaim Ketua BKNDI Fifi Hanafiah, Sabtu (18/6/2022).

Klaim dukungan 87 ribu desa ini langsung mendapat sorotan netizen. Pasalnya, jumlah desa di Indonesia tidak sebesar yang disebutkan relawan Anies itu.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, di Indonesia terdapat 83.381 desa/kelurahan yang tersebar di 34 provinsi.

Dari data tersebut, ada selisih 3.619 desa dari klaim relawan Anies. Netizen lantas mempertanyakan data yang dipakai relawan eks Mendikbud itu.

“Kok bisa begini, ada yang bisa jelaskan?” kata pegiat media sosial Yusuf Muhammad melalui akun Twittternya, Senin (20/6/2022).

Yusuf memposting meme berita klaim relawan Anies soal dukungan desa dari media online disandingkan dengan data jumlah desa dari Kemendagri.

Dalam meme tersebut terdapat tulisan di bagian atas, “Setelah kelebihan bayar kini muncul kelebihan desa”.

Sementara pada bagian bawah terdapat tulisan, “Indonesia terdapat 83.381 desa/kelurahan, tapi klaimnya Anies didukung 87 ribu desa. Jadi yang 3.619 desa dari mana?”

Postingan ini langsung menuai komentar netizen. Beberapa netizen menanggapinya dengan guyonan.

“Mungkin itu jumlah desa dari alam gaib,” tulis warganet sambil pasang emoticon tertawa.

“coba saya jelaskan, yang 3619 ituu desaa diatas awang awang, alias kelebihaan,” tulis warganet lainnya.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *